beritatanahair.com

beritatanahair.com – Indonesia bersiap menyambut kehadiran Starlink, layanan internet milik Elon Musk, yang diharapkan dapat memberikan akses internet langsung kepada masyarakat. Di tengah persiapan ini, operator-operator satelit lokal, seperti Pasifik Satelit Nusantara (PSN), menegaskan kemampuan dan kesiapannya dalam menyediakan konektivitas di seluruh tanah air, dengan kapasitas nasional yang mendekati 400 Gbps pada akhir tahun 2024.

Pertumbuhan Industri Satelit dan Posisi Operator Lokal

Adi Rahman Adiwoso, Direktur Utama PSN, mengungkapkan dinamika pertumbuhan industri satelit nasional yang bergerak cepat seiring dengan rencana masuknya operator asing seperti Starlink. Meskipun demikian, Adi optimis bahwa industri lokal mampu menjadi pemain kunci dalam memenuhi kebutuhan akses internet di Indonesia, didukung oleh Visi Indonesia Digital 2045 dari pemerintah.

PSN dan Peningkatan Kapasitas Satelit Domestik

Dengan pengalaman lebih dari tiga dekade di industri, PSN telah berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kapasitas satelit domestik. Adi menekankan bahwa penggunaan kapasitas oleh operator satelit lokal merupakan langkah strategis dalam mendukung kedaulatan nasional di bidang internet.

Respons Terhadap Praktik Penjualan Operator Asing

Terkait praktik penjualan operator asing, Adi menyarankan perlunya kajian mendalam untuk memastikan kesesuaian dengan norma perdagangan internasional, khususnya jika produk dijual dengan harga lebih rendah di pasar lokal dibandingkan dengan harga di negara asalnya.

Keamanan Data dan SDM sebagai Keunggulan Operator Lokal

Adi juga menyoroti keunggulan operator lokal dalam hal keamanan data konsumen dan pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam operasional. Hal ini menjamin kepercayaan konsumen terhadap operator lokal sebagai penyedia layanan yang aman dan terpercaya.

Kepatuhan Regulasi Sebagai Syarat Beroperasi di Indonesia

Dengan masuknya Starlink ke pasar Indonesia, PSN mengharapkan bahwa operator internasional tersebut akan mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk dalam hal komunikasi, bisnis, perpajakan, dan perdagangan internasional, untuk menciptakan lingkungan bisnis yang adil.

Inisiatif Kebijakan Ruang Angkasa 2045

BRIN, bersama dengan PSN dan pihak lain, sedang menyiapkan ‘Space Policy’ atau kebijakan ruang angkasa 2045. Tujuannya adalah untuk mengposisikan Indonesia sebagai pemain utama di sektor ruang angkasa dan mendukung pembangunan infrastruktur nasional.

Komitmen PSN Mendukung Visi Indonesia Digital 2045

PSN berkomitmen untuk terus berinovasi dan bersinergi guna mendukung pemerintah dalam pemerataan akses internet dan memperkuat kemandirian satelit nasional. Langkah-langkah ini diambil sebagai upaya untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi pusat digital di tahun 2045.

Keseluruhan upaya ini menandai komitmen PSN untuk tidak hanya bertahan dalam persaingan dengan operator asing tetapi juga untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan infrastruktur digital yang berkelanjutan dan mendukung kedaulatan digital Indonesia.

By admin