beritatanahair.com

beritatanahair.com – Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir, akan melakukan roadshow ke Qatar pada tanggal 22-23 April 2024 untuk menjajaki peluang investasi bagi perusahaan-perusahaan BUMN. Kunjungan ini bertujuan untuk mencari investor potensial dan mitra strategis yang dapat memberikan nilai tambah bagi korporasi-korporasi milik negara tersebut.

Sinkronisasi Roadshow Antar Menteri

Paralel dengan langkah Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, juga akan menjalankan roadshow ke benua Eropa. Kedua kegiatan ini dirancang untuk mendukung strategi pengembangan dan ekspansi bisnis perusahaan-perusahaan BUMN di pasar global.

Fokus pada Pertemuan Strategis Tanpa Rincian Spesifik

Erick Thohir mengungkapkan bahwa dalam kunjungannya, ia dijadwalkan akan bertemu dengan enam perusahaan di Qatar, namun belum merinci perusahaan mana yang akan dikunjungi atau detail investasi yang akan ditawarkan. Salah satu fokus yang disebutkan adalah membahas potensi investasi untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Ekspansi BSI di Timur Tengah

BSI telah memperluas cakupannya di Timur Tengah, termasuk pembukaan kantor perwakilan di Dubai International Financial Center dan rencana pembukaan cabang di Arab Saudi. Dengan kapitalisasi pasar yang signifikan, BSI menempati posisi di antara sepuluh bank syariah teratas di dunia.

Spekulasi Investasi oleh Abu Dhabi Islamic Bank

Ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) berminat untuk membeli saham minoritas BSI senilai US$1,1 miliar. Sumber yang dekat dengan rencana tersebut mengungkapkan kemungkinan akuisisi 15% saham BSI dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai bagian dari strategi ADIB untuk memasuki pasar Asia Tenggara.

Penyangkalan ADIB dan Komentar BSI

ADIB membantah keterlibatan dalam negosiasi untuk mengakuisisi BSI, sebuah klaim yang berdampak pada penurunan nilai saham mereka sebesar 5,7 persen setelah laporan Reuters. Di sisi lain, Sekretaris Perusahaan BSI, Gunawan Hartoyo, memilih untuk tidak memberikan komentar detail mengenai spekulasi ini, menyerahkan informasi lebih lanjut kepada pemegang saham.

Kegiatan roadshow yang dilakukan oleh para pejabat BUMN Indonesia menunjukkan upaya aktif pemerintah dalam menarik investasi asing dan mengembangkan bisnis di luar negeri. Meskipun terdapat ketidakpastian dan spekulasi mengenai potensi akuisisi, langkah-langkah ini menandakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan nilai dan ekspansi internasional perusahaan-perusahaan BUMN, dengan BSI sebagai salah satu fokus utama dalam diskusi investasi.

By admin