beritatanahair.com

beritatanahair.com – Perjalanan bisnis sering kali membuat rutinitas olahraga terganggu. Padahal, menjaga kondisi fisik tetap prima sangat penting untuk mendukung performa kerja. Berikut adalah beberapa tips olahraga yang bisa Anda lakukan saat sedang dalam perjalanan bisnis agar tetap fit dan bugar.

1. Rencanakan Jadwal Olahraga

Sebagai langkah awal, rencanakan jadwal olahraga Anda sebelum memulai perjalanan bisnis. Cari tahu fasilitas olahraga yang tersedia di hotel tempat Anda menginap, seperti gym atau kolam renang. Jika tidak ada, cari alternatif seperti taman atau jalur lari terdekat. Menyusun jadwal olahraga yang teratur membantu memastikan Anda tetap aktif meskipun sedang bepergian.

2. Bawa Perlengkapan Olahraga

Pastikan Anda membawa perlengkapan olahraga yang mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat di koper, seperti pakaian olahraga, sepatu lari, dan matras yoga. Dengan membawa perlengkapan sendiri, Anda bisa lebih mudah dan cepat memulai olahraga kapan saja.

3. Manfaatkan Fasilitas Hotel

Banyak hotel menyediakan fasilitas kebugaran yang bisa dimanfaatkan oleh tamunya. Manfaatkan gym, kolam renang, atau ruang kebugaran yang ada. Jika hotel tidak memiliki fasilitas tersebut, Anda bisa memanfaatkan kamar hotel untuk melakukan latihan ringan seperti stretching, yoga, atau latihan kekuatan dengan menggunakan berat tubuh.

4. Lakukan Latihan Singkat dan Efektif

Waktu adalah hal yang sangat berharga saat perjalanan bisnis. Oleh karena itu, pilihlah latihan singkat namun efektif yang tidak memakan banyak waktu. High-Intensity Interval Training (HIIT) adalah salah satu pilihan yang baik karena dapat membakar kalori dalam waktu singkat. Latihan ini bisa dilakukan hanya dalam 15-20 menit tetapi tetap memberikan hasil yang optimal.

5. Gunakan Aplikasi Kebugaran

Aplikasi kebugaran dapat menjadi teman yang sangat membantu saat Anda dalam perjalanan. Aplikasi seperti Nike Training Club, Fitbit, atau MyFitnessPal menawarkan berbagai program latihan yang bisa Anda ikuti. Pilih program yang sesuai dengan waktu dan kebutuhan Anda, dan ikuti panduannya untuk tetap aktif.

6. Berjalan Kaki atau Bersepeda

Jika memungkinkan, gantilah transportasi kendaraan dengan berjalan kaki atau bersepeda. Selain membantu menjaga kebugaran, cara ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengeksplorasi lingkungan baru. Cobalah berjalan kaki saat menuju tempat pertemuan atau restoran terdekat.

7. Lakukan Peregangan

Duduk dalam waktu lama, seperti saat di pesawat atau dalam pertemuan, bisa membuat tubuh kaku dan tidak nyaman. Lakukan peregangan secara berkala untuk menjaga fleksibilitas tubuh dan mencegah nyeri otot. Beberapa gerakan peregangan sederhana bisa dilakukan di mana saja, termasuk di kamar hotel atau ruang tunggu bandara.

8. Tetap Terhidrasi dan Jaga Pola Makan

Olahraga saat perjalanan bisnis tidak akan efektif jika Anda tidak menjaga hidrasi dan pola makan. Pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari dan pilih makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan cepat saji yang tinggi kalori dan rendah nutrisi, serta konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan protein.

Menjaga rutinitas olahraga saat perjalanan bisnis memang menantang, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan perencanaan yang baik, pemanfaatan fasilitas yang ada, dan pemilihan latihan yang tepat, Anda bisa tetap aktif dan bugar meskipun sedang berada jauh dari rumah. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan fisik juga berarti menjaga performa kerja yang optimal. Jadi, jangan biarkan perjalanan bisnis menghalangi Anda untuk tetap berolahraga.

By admin