beritatanahair.com

beritatanahair.com – Air memainkan peran krusial dalam eksplorasi planet dan bulan di Tata Surya serta di luar angkasa. Meskipun Bumi terkenal dengan samudra yang melimpah, penelitian menunjukkan bahwa planet dan bulan lain juga memiliki air, terutama di bawah permukaan.

Temuan yang menarik melibatkan bulan Enceladus yang mengorbit Saturnus dan bulan Europa yang mengorbit Jupiter, keduanya dilapisi oleh lapisan es tebal. Geyser air dari Enceladus memberikan petunjuk bahwa kehidupan di luar Bumi mungkin ada, terutama karena adanya sumber energi yang dapat menjaga air di bawah permukaan tetap cair.

Meskipun sebagian exoplanet juga diprediksi memiliki air cair, ada beberapa planet seperti Venus yang tidak memiliki samudra karena kondisi atmosfer atau permukaannya yang tidak mendukung. Venus, misalnya, kehilangan air melalui proses rekombinasi disosiatif yang membuat atom hidrogen terlepas ke luar angkasa setiap hari.

Peneliti terus melakukan eksplorasi pada planet dan bulan dengan kondisi ekstrem untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Temuan ekosistem di lokasi tak terduga di Bumi, seperti di sekitar lubang hidrotermal di dasar laut, memberikan wawasan baru tentang potensi kehidupan di luar planet kita.

By admin