beritatanahair.com

beritatanahair.com – Apple telah mengeluarkan peringatan keamanan global kepada pemilik iPhone di 92 negara, mengenai adanya potensi bahaya dari serangan spyware mercenary yang canggih. Perusahaan teknologi ini menyampaikan pemberitahuan serius tentang upaya penyusupan ke dalam perangkat dari jarak jauh.

Isi Peringatan dari Apple

Dalam pemberitahuan yang dirilis dan dilaporkan oleh BleepingComputer, Apple memperingatkan pengguna bahwa spyware canggih sedang berusaha menyusup ke dalam perangkat iPhone yang terhubung dengan ID Apple tertentu. Apple menekankan bahwa serangan ini sangat mungkin ditujukan secara personal, menggarisbawahi pentingnya merespons peringatan ini dengan serius.

Langkah Perlindungan oleh Apple

Apple menyarankan penggunanya untuk mengaktifkan mode penguncian untuk meningkatkan keamanan perangkat, memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru yang tersedia, dan mendapatkan bantuan dari ahli keamanan digital. Untuk dukungan teknis, Apple merekomendasikan kepada pengguna untuk menghubungi Saluran Bantuan Keamanan Digital, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan dukungan teknis gratis untuk jurnalis dan pembela HAM.

Deskripsi Serangan Spyware

Serangan mercenary spyware, seperti yang digambarkan oleh Apple, melibatkan perangkat lunak mata-mata canggih seperti Pegasus dari NSO Group. Serangan ini didanai dengan baik dan dirancang untuk menargetkan individu tertentu. Apple juga telah memperbarui terminologi di halaman dukungannya untuk mencerminkan sifat global dari ancaman ini, yang tidak terbatas pada aktor negara tetapi juga melibatkan entitas swasta.

Sasaran dan Upaya Deteksi oleh Apple

Jurnalis, aktivis, politisi, dan diplomat sering menjadi sasaran utama karena peran mereka yang berpengaruh dan akses ke informasi sensitif. Apple menegaskan komitmennya untuk mendeteksi serangan semacam ini, memberikan peringatan kepada penggunanya, dan membantu mereka dalam mengambil langkah-langkah perlindungan yang diperlukan.

Komentar dan Dukungan dari Apple

Meskipun Apple telah aktif mengirimkan pemberitahuan ancaman sejak tahun 2021 dan telah memberi tahu pengguna di lebih dari 150 negara, perusahaan memilih untuk tidak memberikan komentar lebih lanjut tentang cakupan serangan spyware yang terdeteksi ketika dimintai keterangan oleh BleepingComputer. Apple menandaskan bahwa biaya pengembangan spyware mercenary yang tinggi dan sifatnya yang canggih menjadikannya salah satu tantangan keamanan digital terbesar saat ini.

Apple telah memberikan peringatan global kepada pemilik iPhone tentang serangan spyware mercenary yang berpotensi merusak. Perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk menginformasikan dan melindungi penggunanya melalui pemberitahuan dan saran keamanan, serta memperbarui sumber daya dukungan untuk mencerminkan bahaya yang sedang berlangsung. Ini menunjukkan keseriusan Apple dalam menghadapi ancaman keamanan siber dan komitmennya terhadap privasi serta keamanan penggunanya.

By admin