beritatanahair.com

beritatanahair.com – Setelah dua tahun mengalami penurunan, pasar smartphone global menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang signifikan di awal tahun 2024. Data terkini dari International Data Corporation (IDC) mengindikasikan adanya pertumbuhan positif sebesar 7,8% secara year-over-year (yoy) pada kuartal pertama tahun ini.

Pemulihan Pasar dan Pengapalan Unit

Secara spesifik, jumlah unit smartphone yang dikapalkan pada periode ini mencapai 289,4 juta, naik dari angka 268,5 juta unit di kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Peningkatan ini merupakan sinyal yang menggembirakan bagi industri yang sebelumnya dilanda kelesuan.

Tantangan Industri dan Optimisme Pasar

Meskipun IDC mencatat bahwa pemulihan industri belum sepenuhnya terwujud dan masih dihadapkan pada tantangan makroekonomi di beberapa negara, tren positif di kuartal pertama 2024 menggambarkan peningkatan minat konsumen terhadap produk smartphone dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Dinamika Pabrikan dan Posisi Pasar

Sebagai catatan penting, meskipun Apple mendominasi pasar pada akhir 2023, Samsung telah berhasil mengambil alih posisi teratas di awal 2024. Penurunan bisnis Apple, terutama di pasar China, telah memberikan kesempatan bagi Samsung untuk unggul. IDC memprediksi persaingan akan tetap sengit di segmen high-end antara kedua perusahaan ini, sementara Huawei, Xiaomi, Transsion, Oppo/OnePlus, dan Vivo, diproyeksikan akan memperluas portofolio mereka untuk menarik konsumen.

Tren dan Pertumbuhan Pabrikan

Dalam konteks lebih luas, IDC menyoroti tren konsumen yang bergerak ke arah pembelian smartphone dengan harga lebih tinggi, didorong oleh keinginan untuk memiliki perangkat yang berkualitas dan awet. Dalam daftar ‘Top 5’ pabrikan smartphone pada Q1 2024, Transsion dan Xiaomi adalah dua merek yang mencatat pertumbuhan positif. Xiaomi menunjukkan pemulihan yang kuat setelah penurunan selama dua tahun, sedangkan Transsion terus mempertahankan kinerjanya yang agresif di pasar global.

Kuartal pertama tahun 2024 menandai suatu titik balik positif bagi pasar smartphone global. Dengan pertumbuhan penjualan dan peningkatan pengapalan unit, industri menunjukkan kemampuan untuk bangkit dari masa sulit. Meskipun terdapat variabel makroekonomi yang masih menjadi tantangan, optimisme pasar terlihat meningkat, diperkuat dengan pergeseran posisi antara pabrikan-pabrikan utama dan perubahan perilaku konsumen terhadap preferensi produk.

By admin